Postingan Terbaru

6 Warna Cat Kamar Tidur yang Baik untuk Kesehatan, Wajib Tahu!

aldanpost - Warna cat kamar tidur yang baik untuk kesehatan  mungkin adalah topik yang terdengar aneh di telinga Anda. Namun tahukah Anda bahwa warna kamar tidur memiliki peran penting terhadap kesehatan dan kondisi psikologis seseorang? Beberapa penelitian telah menemukan bahwa warna-warna tertentu bisa sangat mempengaruhi kondisi psikis seseorang. 

Terlebih bagi yang punya kegiatan luar ruangan yang padat, kamar tidur sebaiknya dirancang untuk mengembalikan energi. Pemilihan warna cat kamar tidur yang bagus dan indah saja tak cukup. Sebaiknya, Anda juga mempertimbangkan warna-warna di bawah ini untuk mendapatkan kualitas tidur dan kesehatan yang lebih baik. 

Warna Cat Kamar Tidur yang Baik untuk Kesehatan

Inilah Warna Cat Kamar Tidur yang Baik untuk Kesehatan  

Kamar tidur merupakan ruang yang sangat penting bagi hidup Anda. Selain untuk tempat istirahat, kamar tidur yang nyaman dan menenangkan akan memberi efek besar pada kesehatan mental dan fisik. Simak beberapa pilihan warna yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan kembali ketenangan dan semangat setelah lelah beraktivitas seharian:

Warna Biru yang Menenangkan 

Warna biru memang sangat cocok untuk menjadi urutan pertama warna cat kamar tidur yang baik untuk kesehatan. Selain karena identik dengan langit dan air yang menenangkan, warna biru diamini banyak orang sebagai warna yang mendamaikan suasana. Bahkan warna biru dipercaya bisa mengurangi rasa gelisah, menurunkan tekanan darah, dan membuat Anda merasa lebih rileks. 

Pilih warna biru dengan nuansa yang lembut serta memberikan efek teduh seperti biru muda. Anda bisa mencoba sky blue atau keepsakes sebagai pilihan terbaik. Anda juga bisa menggunakan warna-warna muted seperti Mountain Dew yang sangat cocok digunakan untuk kamar anak-anak. 

Warna Hijau yang Menyegarkan 

Selain biru, warna hijau juga identik dengan alam dan ketenangan. Warna ini kerap kita temukan pada tumbuhan dan alam yang membawa kesejukan bagi siapapun yang melihat. Untuk itu, warna ini tampaknya bisa jadi pertimbangan untuk pilihan cat pada dinding kamar tidur Anda. 

Anda bisa memilih warna-warna hijau yang kalem sebagai warna cat kamar tidur yang baik untuk kesehatan. Masukkan Calke Green dalam daftar opsi warna cat Anda untuk mendapatkan kamar dengan kesan tenang sekaligus menghadirkan nuansa vintage. Jika ingin mendapatkan suasana kamar yang sedikit cerah, pilih warna Olive Green.. 

Selain baik bagi kesehatan, warna hijau juga merupakan rekomendasi warna cat kamar yang menenangkan. Jadi, jika Anda menginginkan warna yang menenangkan, baik bagi kesehatan, serta membawa berkah, warna hijau bisa menjadi pilihan utama.  

Warna Merah Muda yang Membuat Bahagia

Merah muda bisa menjadi warna cat kamar tidur yang baik untuk kesehatan sekaligus bermanfaat bagi kesehatan. Pasalnya, dengan pilihan nuansa warna yang tepat, warna merah muda bisa mendatangkan perasaan tenang, khususnya di kamar tidur anak-anak. Warna ini tentunya juga akan sangat menarik di mata anak-anak karena melambangkan keceriaan dan keindahan. 

Sekali lagi, pilihlah nuansa warna yang lembut dan kalem karena warna tersebut tak akan membuat mata Anda lelah saat menatapnya. Anda bisa gunakan warna Unfussy Beige yang halus dan cantik untuk kamar tidur anak Anda. Jika Anda menginginkan suasana yang lebih cerah, Anda bisa mengaplikasikan warna Soft Pink pada dinding kamar tidur si kecil. 

Warna Turunan Ungu yang Manis

Ada banyak warna turunan ungu yang pantas masuk kriteria warna cat kamar tidur yang baik untuk kesehatan. Ungu sendiri didapatkan melalui pencampuran warna merah dan biru. Seperti yang sudah kita tahu, biru adalah warna yang membawa efek kalem dan lembut. Untuk itu, sebagai warna campuran yang lebih lembut, ungu bisa mendatangkan efek manis sekaligus menenangkan untuk kamar Anda. 

Meski warna ungu terkadang terlalu mencolok, Anda bisa menggunakan warna turunan dari warna ini. Warnai dinding kamar tidur Anda dengan Soft Violet yang cantik agar tidur Anda lebih nyenyak. Anda bisa menggunakan warna ini untuk kamar tidur Anda sendiri atau ruang istirahat si kecil. Warna selanjutnya yang bisa menjadi alternatif adalah Lavender dan Lilac yang membawa kesan hangat dan manis saat dipandang.

Warna Kuning yang Ceria

Rekomendasi warna cat kamar tidur yang baik untuk kesehatan selanjutnya adalah warna kuning. Warna ini bisa Anda gunakan untuk mempercantik kamar anak sekaligus membawa keceriaan bagi mereka. Meski ada warna kuning yang menyilaukan mata, namun warna ini bisa jadi pilihan untuk cat kamar tidur. Identik dengan kebahagiaan, warna ini bisa membuat anak-anak Anda dan mungkin Anda sendiri menjadi lebih bersemangat. 

Namun, tentu saja, pilihlah corak warna yang membawa ketenangan agar kualitas tidur Anda tidak terganggu. Anda bisa memilih warna Soft Yellow yang netral dan tidak membuat mata Anda lelah saat menatapnya. Sebagai informasi, warna kuning juga disebut-sebut sebagai warna cat kamar yang menenangkan, lho. 

Warna Earth Tone yang Hangat

Warna selanjutnya yang layak masuk daftar warna cat kamar tidur yang baik untuk kesehatan adalah jajaran warna bernuansa netral atau biasa disebut earth tone. Warna-warna seperti coklat muda, cokelat, krem, hijau gelap, hingga oranye tua adalah beberapa warna yang bisa Anda pertimbangkan. Sebab, selain cantik dan netral, warna-warna ini juga bisa membawa kehangatan yang akhirnya membuat kualitas tidur Anda menjadi lebih baik. 

Hindari Warna Berikut Jika Anda Memiliki Gangguan Tidur

Di atas adalah beberapa rekomendasi terbaik warna cat kamar tidur yang baik untuk kesehatan. Sebaliknya, berikut ini adalah contoh warna yang sebaiknya Anda hindari sebagai warna kamar tidur Anda. Yuk, simak apa saja warna-warna tersebut: 

Merah

Ya. Warna ini sangat tidak disarankan menjadi warna pilihan kamar tidur Anda. Karena warnanya yang sangat terang dan menyala, Anda mungkin akan merasa kelelahan sendiri memandang dinding kamar meski lampu kamar sudah dimatikan. Dan pada akhirnya, kualitas tidur Anda akan terganggu.
Warna-warna neon

Warna ini juga sepertinya adalah jenis warna yang pantang masuk dalam daftar warna cat kamar tidur yang baik untuk kesehatan. Bagaimana tidak? Warna neon pada dasarnya memang bersifat mencolok bahkan dalam kegelapan. Bisa-bisa Anda yang sudah memiliki gangguan tidur akan semakin tak bisa tidur karena pilihan warna ini. 

Biru 

Meski warna biru merupakan warna cat kamar tidur yang baik untuk kesehatan, ada sejumlah corak biru yang tak disarankan bagi Anda. Diantaranya adalah azure, cobalt, ultramarine, dan cyan. Alasannya karena warna-warna ini cenderung sangat kuat dan mencolok. Sehingga bisa membuat mata Anda lelah saat memandangnya. 

Nah, sudahkah menentukan pilihan warna cat kamar tidur yang baik untuk kesehatan Anda? Alangkah lebih baik jika Anda mendiskusikan ini dengan seorang arsitek atau penata ruang sebelum benar-benar memutuskan. Sebab, kamar tidur merupakan tempat krusial untuk membangun kembali energi dan semangat untuk menyambut hari esok setelah lelah bekerja. Jadi, jangan sampai salah pilih, ya!

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama