Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Hal Yang Harus Dicek Saat Beli HP Bekas / Second

Aldanpost.com - Mengetahui hal-hal apa saja yang harus dicek pada saat beli HP bekas/second menjadi sangat penting. Tentu untuk mendapatkan HP yang masih bagus dan juga terhindar dari penipuan HP minus saat membeli HP second/bekas. Mungkin bagi Anda yang biasa jual beli HP sudah paham betul mengenai masalah yang satu ini. Tapi buat teman-teman yang belum terbiasa, penting untuk belajar materi kali ini. 

Beli hp second/bekas jangan mengandalkan untung-untungan,  karena beli HP bekas sebenarnya cukup mudah untuk memastikan apakah HP tersebut masih bagus atau tidak. Tentu dengan catatan kamu tahu apa saja yang mesti di cek sebelum membayar HP bekas/second tersebut. 

10 Hal Yang Harus Dicek Saat Membeli HP Bekas / Second


yang-harus-dicek-saat-beli-hp-bekas

1. Cek toucshreen dan layar/LCD HP 

Pastikan bahwa bahwa touchscreen berfungsi dengan baik.  Lakukan pemendekan di semua bagian. Jangan ada yang terlewat,  pastikan semua huruf dan simbol dalam touchscreen berfungsi dengan baik. 

Kemudian cek juga LCD nya apakah ada garis atau tidak.  Ubah menjadi beberapa warna,  pastikan tidak ada bintik-bintik warna yang berbeda dari warna asli. Karena kalau ada bintik-bintik tanda bahwa LCD sudah bocor dan tidak normal. 

2. Cek semua tombol handphone

Pastikan semua tombol berfungsi dengan baik.  Mulai dari tombol power,  volume,  tombol fingerprint dan tombol lainnya jika Ada. 

Jika ada yang tidak berfungsi takutnya akan berpengaruh pada mesin.  Dan pastinya jika ada yang tidak berfungsi berarti HP tersebut minus,  alias sudah tidak 100℅ normal. 

3. Cek mic telephone dan speaker HP

Kemudian cek mic telephone,  coba kamu lakukan telephone nomer lain. Pastikan suara kamu masuk dengan baik di telephone orang lain. Kemudian cek pula speakernya.  Mulai dari speaker telephone sampai dengan speaker musik.  Jika semuanya normal tentu akan lebih bagus untuk kamu beli. 

Pastikan juga suara speaker HP masih bagus.  Kalau suara speaker HP sumber atau kecil berarti HP tersebut juga dalam keadaan minus alias tidak normal sepenuhnya. 

4. Cek koneksi jaringan HP 

Selanjutnya lakukan pengecekan koneksi jaringan HP terebut.  Masak iya kamu mau beli HP yang tidak ada sinyalnya. Jadi pastikan sinyal muncul dengan baik.  Baik itu sinyal operator maupun sinyal paket data.  

Selain itu cek juga koneksi lainnya seperti penggunaan bluetooth,  wifi dan juga hotspot.  Ini pasti bakalan kamu gunain juga nanti,  jadi pastikan beberapa koneksi tersebut semuanya lancar

5. Cek kamera HP

Kemudian jangan lupa untuk mengecek kamera handphone.  Pastikan kamera tersebut normal semua jika ada kamera depan dan belakang. 

Coba kamu lakukan tes melakukan potret gambar dan juga pengambilan video.  Selain itu pastikan juga bahwa lampu Flesh kamera berfungsi dengan baik. 

6. Cek baterai handphone

Pastikan juga kamu mengecek baterai HP tersebut.  Usahakan pada saat membeli tidak dalam keadaan lowbet,  karena bisa jadi HP tersebut memang benar-benar lowbet baterenya. 

Pastikan juga bahwa baterai HP tersebut masih ori dan kamu tes sekalian melakukan charging.  Lalu pastikan baterai HP bisa terisi dengan baik. 

Cara lain,  coba mainkan HP tersebut untuk bermain game atau melakukan streaming video.  Dengan begitu kamu akan tahu ketahanan dari baterai handphone tersebut. 

7. Cek semua jack/port handphone

Kemudian selanjutnya pastikan semua jack atau port atau lubang yang ada pada HP normal semua. 

Mulai dari tes colok headset,  kemudian tes charging dan juga tes menggunakan USB otg. Kalau semua port normal pasti lebih maksimal untuk kamu gunakan nantinya. 

8. Cek segel baut pada handphone

Kemudian untuk memastikan handphone tersebut sudah di service atau belum.  Kamu bisa buka casingnya dan perhatikan dalaman mesin HP tersebut. Kalau segel baut sudah hilang atau bekas terkena obeng,  berarti HP tersebut sudah pernah di service sebelumnya. 

Tanyakan pada penjual secara jelas sebelumnya sudah melakukan service apa saja. Dari situ kamu akan tahu kekurangan atau minus HP tersebut. 

9. Cek kapasitas,  seri dan IMEI HP

Untuk memastikan jenis HP tersebut kamu perlu masuk ke pengaturan dan melihat menu tentang ponsel. Ini berguna untuk memastikan seri HP tersebut,  jangan sampai casingnya sama namun mesinnya HP lain. 

Kemudian pastikan nomer IMEI nya juga.  Kalau ada kardusnya,  cocokkan IMEI tersebut dengan dusbook untuk memastikan kecocokan nya.  Karena HP tanpa IMEI juga bahaya,  bisa mudah hilang sinyal dan biasanya HP rusak atau tidak resmi

10. Cek kelengkapan handphone

Terakhir kamu cek juga kelengkapannya. Dalam hal ini tergantung kesepakatan kamu dengan penjual.  Kalau HP bekas/second batangan ya tidak ada kelengkapan pastinya. Namun jika kamu beli HP lengkap.  Cek semuanya apakah berfungsi dengan baik atau tidak,  mulai dari charger, handsfree dan accessories lainnya jika masih ada. 

Saya kira sudah lengkap mengenai semua hal yang harus dicek saat beli HP bekas diatas. Kalau sudah memastikan semua hal diatas normal,  maka kemungkinan besar HP tersebut masih bagus untuk kamu beli. Demikian yang dapat saya sampaikan,  semoga bermanfaat dan Terima kasih. 

Posting Komentar untuk "10 Hal Yang Harus Dicek Saat Beli HP Bekas / Second"

Berlangganan via Email