Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 Manfaat E-Commerce Bagi Konsumen dan Kelebihan Menggunakannya

Daftar Isi [Tampil]

aldanpost - Banyaknya manfaat e-commerce bagi konsumen membuat sebagian orang lebih memilih membeli barang secara online. Adanya e-commerce tentu tidak lepas dari teknologi yang selalu mengalami perkembangan. Sekarang ini untuk membeli kebutuhan barang atau jasa, konsumen bisa langsung memesan kapan saja dan di mana saja. 

Hal ini tentu berbeda dengan melakukan transaksi secara konvensional yang terbatas waktu dan tempat. Selain bisa melakukan transaksi kapan saja dan di mana saja, bertransaksi melalui e-commerce juga lebih mudah dilakukan. Hal ini tentu lebih menghemat waktu dalam berbelanja barang atau jasa sesuai kebutuhan. 

manfaat e-commerce bagi konsumen

Inilah Manfaat E-Commerce Bagi Konsumen

Semakin berkembangnya teknologi seperti sekarang ini tentu membuat dunia bisnis lebih berkembang. Perkembangan dalam dunia bisnis bisa dilihat melalui banyaknya transaksi jual beli online. Selain lebih mudah, transaksi secara online memberikan banyak manfaat. Berikut 12 manfaat e-commerce bagi konsumen yang perlu diketahui. 

Tidak Ada Batasan Wilayah

Manfaat e-commerce untuk konsumen yang pertama yaitu tidak ada batasan wilayah. Hal ini tentu lebih memudahkan konsumen untuk membeli barang atau jasa tanpa batas wilayah. Berbeda dengan membeli secara konvensional, membeli barang melalui e-commerce tentu lebih memudahkan dalam memilih. 

Bahkan Anda juga bisa membeli produk dari luar negeri tanpa harus berkunjung ke tokonya terlebih dahulu. Misalnya ingin membeli barang original dari Amerika, maka Anda bisa langsung membelinya melalui online tanpa harus ke Amerika. Hal ini tentu memberikan banyak kemudahan dalam berbelanja bagi konsumen. 

Biaya Lebih Terjangkau

Manfaat e-commerce bagi konsumen selanjutnya yaitu biaya yang lebih terjangkau. Ada berbagai hal yang menyebabkan harga barang menjadi lebih mahal, salah satunya yaitu menyewa toko. Selain harga sewa toko, hal lain yang membuat mahalnya produk yaitu besarnya biaya dari perusahaan untuk membayar karyawan.

Harga sewa dan gaji karyawan tentu membuat penjual memperhitungkan biaya pengeluaran dengan pendapatannya, sehingga berimbas pada harga barang. Tapi jika membeli produk melalui e-commerce, tentu harga yang dijual akan lebih murah. Hal ini karena pemilik usaha tidak perlu memerlukan toko fisik, sehingga bisa menekan biaya operasional.

Lebih Menghemat Waktu

Lebih menghemat waktu merupakan salah satu manfaat e-commerce bagi konsumen. Hal ini karena Anda sebagai konsumen tidak perlu mendatangi toko secara langsung yang bisa membuang waktu. 

Dengan menggunakan e-commerce, tentu Anda bisa melakukan transaksi di mana saja hanya menggunakan gadget. Anda hanya perlu memilih produk sesuai keinginan, setelah itu lanjutkan dengan membayar secara online. Hal ini tentu lebih membuat waktu belanja lebih efektif dan efisien. 

Buka 24 Jam

Manfaat e-commerce bagi konsumen selanjutnya yaitu buka selama 24 jam dalam 7 hari. Berbeda dengan toko konvensional yang memiliki batasan waktu, berbelanja melalui e-commerce tidak memiliki batasan. Anda bisa memilih barang sesuai katalog yang telah diunggah oleh penjual tanpa ada batasan waktu. 

Biasanya situs jual beli online dilengkapi dengan sistem khusus sehingga bisa menerima pembelian dan pembayaran secara otomatis. Hal ini tentu semakin memudahkan Anda dalam membeli suatu produk, sehingga bisa membeli barang kapan saja. 

Lebih Mudah Saat Membandingkan Harga

Sebagai konsumen, tentu Anda akan membandingkan harga antara satu toko dengan toko lain. Jika membeli produk di toko, tentu Anda memerlukan banyak waktu untuk pergi ke toko lain untuk membandingkan harga. Hal ini tentu berbeda jika berbelanja melalui e-commerce. 

Dengan e-commerce, Anda bisa membandingkan harga berbagai produk sekaligus. Anda hanya tinggal memilih barang yang diinginkan, lalu mencari lagi di toko lain tanpa memerlukan waktu lama. Selain lebih menghemat waktu, cara ini tentu lebih mudah dan cepat. 

Lebih Banyak Pilihan

Selain lebih mudah, berbelanja dengan e-commerce tentu lebih memberikan banyak pilihan produk. Anda bisa mencari barang sesuai kebutuhan dari toko satu dengan toko lain. 

Hal ini tentu berbeda jika membeli barang secara konvensional dengan mendatangi toko karena memerlukan waktu lebih lama. Dengan e-commerce, tentu Anda semakin mudah dan memiliki banyak waktu dalam memilih barang sebelum membelinya. 

Pengiriman Cepat

Manfaat e-commerce bagi konsumen selanjutnya yaitu proses pengiriman yang cepat dan bisa dipantau. Hal ini tentu lebih memudahkan konsumen, terutama jika Anda tidak memiliki waktu untuk membeli barang secara langsung. Dengan membeli produk barang atau jasa melalui e-commerce tentu lebih memberikan kemudahan dengan cepatnya proses pengiriman. Sehingga Anda bisa menghitung estimasi datangnya barang. 

Dilengkapi dengan Beragam Fitur

Manfaat menggunakan e-commerce selanjutnya yaitu dilengkapi dengan beragam fitur. Hal ini tentu semakin memudahkan konsumen saat akan membeli produk barang atau jasa. Bahkan adanya fitur chat dengan Customer Service (CS) tentu memudahkan Anda saat mengalami kesulitan. 

Berbeda dengan membeli barang secara langsung di toko, berbelanja melalui e-commerce tentu memberikan banyak kemudahan. Anda bisa bertransaksi di mana saja dan kapan saja serta dilengkapi dengan fitur beragam sesuai kebutuhan. 

Bisa Mencari dan Memilih Produk Lebih Cepat

Manfaat e-commerce bagi konsumen selanjutnya yaitu konsumen bisa mencari dan memilih produk lebih cepat. Adanya e-commerce tentu Anda tidak perlu lagi mengelilingi toko untuk mencari barang sesuai keinginan. Dengan menggunakan e-commerce, Anda hanya perlu mencari produk yang diinginkan melalui mesin pencarian. Hal ini tentu lebih mudah serta menghemat waktu dalam membeli barang. 

Pembayaran Lebih Mudah

Selain memudahkan konsumen dalam membeli barang atau jasa, e-commerce juga memberikan kemudahan dalam proses pembayaran. E-commerce memiliki sistem pembayaran online yang bisa disesuaikan dengan keinginan konsumen. Selain bisa membayar dengan cara transfer, e-commerce juga memiliki sistem kredit maupun dompet digital. Hal ini tentu semakin memudahkan konsumen saat akan melakukan transaksi pembayaran. 

Keamanan yang Terjamin

Manfaat e-commerce bagi konsumen selanjutnya yaitu keamanan yang terjamin. Hal ini tentu membuat konsumen lebih aman dan nyaman saat melakukan proses pembayaran melalui kredit. Adanya keamanan yang telah dijamin oleh perusahaan pengelola, tentu konsumen tidak khawatir dengan kebobolan data pelanggan. 

Adanya Fitur Bantuan dan Dukungan

Manfaat e-commerce untuk konsumen selanjutnya yaitu adanya fitur bantuan dan dukungan. Fitur ini bertujuan memberikan informasi melalui email kepada konsumen apabila terjadi masalah. Dengan begitu, tentu konsumen tidak perlu khawatir jika terjadi masalah, karena adanya fitur bantuan dan dukungan ini. 

Kelebihan Menggunakan E-Commerce

Selain memberikan banyak manfaat, penggunaan e-commerce dalam membeli produk juga memberikan banyak kelebihan. Ada banyak kelebihan dari belanja melalui e-commerce, 2 diantaranya yaitu lain lebih efisien dan membuat brand lebih dekat dengan konsumen.

Terdapat berbagai manfaat e-commerce bagi konsumen, mulai dari tidak ada batasan wilayah hingga adanya fitur bantuan dan dukungan. Selain memiliki banyak manfaat, berbelanja melalui e-commerce juga memudahkan Anda dalam bertransaksi. Anda bisa membeli produk barang atau jasa di mana saja dan kapan saja tanpa ada batasan waktu. 

Posting Komentar untuk "12 Manfaat E-Commerce Bagi Konsumen dan Kelebihan Menggunakannya"

Berlangganan via Email