Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keuntungan dan Manfaat E-Commerce bagi Masyarakat Milenial

aldanpost - Dewasa ini  berbagai keuntungan dan manfaat E-Commerce bagi masyarakat milenial sudah sangat terasa. Layanan E-Commerce banyak dijadikan sebagai bisnis baru yang sangat menguntungkan. 

Secara umum, E-Commerce dapat diartikan sebagai jenis cara berbisnis antara produsen dan konsumen dengan memanfaatkan sistem jaringan internet di dalamnya. Masyarakat milenial masa kini akan sangat terbantu dengan berbagai kebaikan yang ditawarkan oleh E-Commerce. Di antara manfaat E-Commerce untuk masyarakat adalah sebagai berikut!

manfaat E-Commerce bagi masyarakat milenial

Inilah Manfaat E-Commerce Bagi Masyarakat

Berikut ini beberapa manfaat e-commerce untuk masyarakat, diantaranya:

Aplikasi One Click yang Simpel dan Praktis

Kehadiran E-Commerce menjadi sebuah solusi baru di era milenial. Mobilitas dan kesibukan masyarakat yang semakin tinggi, membuat mereka tak memiliki waktu luang untuk sekadar berbelanja. Tak heran, perkembangan E-Commerce di Indonesia cukup signifikan dari tahun ke tahun.

E-Commerce sebagai Rujukan Personal Shopper Assistant

Tanpa perlu datang langsung ke toko, manfaat E-Commerce bagi masyarakat bisa dijadikan sebagai salah satu layanan rujukan personal shopper assistant. Hal ini dibutuhkan untuk mengukur minat pembeli pada sebuah produk tertentu. Dengan adanya arahan data yang diterima oleh website E-Commerce terkait.

Data tersebut menjadi sebuah patokan dan pegangan para pebisnis untuk menentukan langkah lanjutan yang harus dilakukan. Langkah ini akan menjadi penentu untuk para pebisnis untuk menyikapi setiap transaksi yang datang. Dengan demikian, pebisnis juga dapat mengukur seberapa besar minat masyarakat pada produk jenis tertentu, sehingga bisa dikembangkan lebih baik.

Memberikan Kemudahan dalam Transaksi Bisnis

Berdasarkan jenisnya, E-Commerce untuk konsumen terbagi dalam dua jenis. Penjelasannya lengkapnya adalah sebagai berikut:

Bussines to Bussines

Pada tahapan ini penggunaan data yang dipakai yakni berkaitan dengan Electronic Data Interchange (EDI). Hal ini masih sangat membutuhkan perhatian karena biaya yang dikeluarkan cukup tinggi, sehingga masih agak kurang diminati. 

Manfaat E-Commerce bagi Masyarakat sebagai Business to Customers

E-Commerce ibarat rumah yang menjadi sebuah tempat bagi para pebisnis untuk menjelaskan barang jualannya baik berupa jasa atau barang. Tentu manfaat ini akan semakin terasa saat kedua belah pihak juga terlibat dalam transaksi pendistribusian barang.

Menggunakan jaringan internet secara online, semua barang dan jasa bisa didapatkan dengan mudah dan tanpa ribet. Sebagai business to customers, kebaikan lain dari E-Commerce yang akan menguntungkan penjual adalah sebagai berikut.

Menemukan Blind Spot Pasar dengan Cepat

Blind spot pasar yang dimaksud berkaitan dengan jangkauan pelanggan terhadap produk tertentu. Misalkan pada pilihan produk kosmetik. Secara umum, kosmetik identik dengan kaum hawa. Maka, kaum adam akan merasa risih saat berbelanja kosmetik di tempat umum atau secara offline. Hadirnya E-Commerce bisa menjadi ladang air baru bagi dahaga para kaum adam yang ingin menjajal beberapa produk kosmetik, baik skincare atau make up.

Bisnis Bisa Buka 24 Jam

Manfaat E-Commerce bagi masyarakat milenial, mereka bisa mengakses layanan daring sepanjang waktu. Bisnis berjalan selama 24 jam, permintaan pasar bisa terus berjalan, dan jaringan konsumen akan semakin luas. Dengan demikian, produk atau layanan jasa yang diberikan bisa semakin memperkaya ‘review’ dari konsumen untuk semakin meningkatkan penjualan.

Mempermudah Komunikasi antara Produsen dan Konsumen

Tak dapat dipungkiri bahwa dunia digital dapat menjadi sebuah ladang bisnis baru yang juga mempermudah komunikasi antara produsen dan konsumen. Adanya E-Commerce, seperti marketplace yang berkembang belakangan ini menjadi jalan tengah permasalahan yang ada. Marketplace menjadi jembatan dalam problem yang terjadi di antara kedua belah pihak.

Jangkauan Pemasaran yang Lebih Besar

Jika menilik cara lama untuk mengembangkan dan mengenalkan produk membutuhkan dana untuk brosur, label, baliho, iklan offline, kini pemasaran online tidak membutuhkan hal itu. Manfaat E-Commerce bagi masyarakat akan semakin terasa karena hanya dengan menggunakan jaringan internet yang stabil, masyarakat bisa menyebarkan pemasaran melalui media sosial yang ada.

Jangkauan Konsumen yang Lebih Banyak: Produk Mendunia

Dikarenakan sistem online merupakan sebuah jalan baru yang jangkauan pemasarannya lebih luas, tentu akan berpengaruh pula pada jangkauan konsumen yang lebih banyak. Mulai dari Sabang hingga Merauke, bahkan hingga keluar pulau atau negara. Banyak sekali pilihan yang bisa digunakan dari jalur E-Commerce yang akan mempermudah hidup Anda dengan berbagai layanan yang tersedia.

Bisa Menyediakan Layanan Pembayaran yang Praktis

Ketika jangkauan layanan untuk konsumen semakin berkembang, maka produsen juga harus menyediakan layanan pembayaran yang kekinian pula. Dewasa ini, beberapa layanan non-tunai bisa menjadi alternatif dalam sebuah transaksi dalam layanan E-Commerce:

Layanan Dompet Digital

Dompet digital menjadi aplikasi menarik yang berkembang untuk mendukung manfaat E-Commerce bagi masyarakat. Layanan card-less atau tanpa kartu ini bisa digunakan sebagai pembayaran yang sah atas sebuah transaksi. Kink, banyak pula restoran dan swalayan yang mengaktifkan layanan dompet digital untuk mempermudah pembeli dalam melakukan pembayaran.

Layanan Kartu Kredit

Kartu kredit juga bisa dijadikan pilihan pembayaran untuk layanan E-Commerce. Secara umum, hal ini tak jauh berbeda dengan sistem pembayaran kartu kredit untuk pembelian offline di dalam sebuah toko. Anda juga perlu melunasinya di akhir bulan sesuai dengan tagihan, sebagaimana biasanya.

Layanan COD

Selain menggunakan layanan non-tunai, tak jarang sistem di dalam E-Commerce juga memberikan pilihan untuk COD atau cash on delivery. Artinya, pembayaran dilakukan setelah barang diantar dan diterima konsumen. Biasanya, pihak kurir sudah bekerja sama dengan toko terkait, sehingga pembayaran barang bisa dilakukan dengan nyaman.

Keamanan Transaksi yang Terjamin

Salah satu manfaat E-Commerce bagi masyarakat adalah menjadi penengah dari tindak penipuan. Secara umum, transaksi E-Commerce sangat aman dilakukan karena pihaknya menjadi penengah antara produsen dan konsumen. Jika ada kekeliruan selama prosesnya, hal ini bisa dilaporkan untuk dicarikan jalan tengah terbaik.

Membantu Penyebaran Informasi dengan Lebih Baik

Semua akses untuk informasi semakin terbuka lebar. Tak jarang, E-Commerce juga menjadi wadah dalam menyebarkan berbagai informasi terkini dengan lebih baik. Segala hal di dunia maya akan mudah diakses oleh siapa saja. Oleh karenanya, Anda bisa mendapatkan berbagai peluang sebagai produsen atau konsumen dengan lebih cepat.

Misalkan terkait Promo Hari Ibu, Promo Kemerdekaan, Promo Valentine dan lainnya, bisa digunakan sebagai salah satu cara bertransaksi dengan cerdas. Produsen bisa menggunakannya untuk meningkatkan penjualan, konsumen bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan harga yang lebih miring dibandingkan hari biasa.

Menguntungkan Produsen dan Konsumen secara Bersamaan

Produsen suatu produk tentu akan dimudahkan. Tak perlu menyediakan tempat khusus seperti ruko dan sejenisnya, pengalaman transaksi jual beli bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Pembeli juga tak perlu kerepotan mendatangi satu per satu per satu toko untuk membeli kebutuhannya.

Sudah bukan menjadi rahasia, bahwa manfaat E-Commerce bagi masyarakat akan mempermudah setiap sisi kehidupan mereka. Dengan memanfaatkan jaringan internet saja, segala aspek mulai dari kebutuhan pokok seperti sandang, pangan, papan, bisa dijangkau dengan mudah. Bukan hal mustahil pula, beberapa tahun kedepan, perkembangan pelayanannya juga akan semakin meningkat dan semakin baik.

Posting Komentar untuk " Keuntungan dan Manfaat E-Commerce bagi Masyarakat Milenial"

Berlangganan via Email