Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

9 Fungsi dan Manfaat E-Commerce bagi Perusahaan Lokal dan Multinasional

Daftar Isi [Tampil]

aldanpost - Fungsi dan manfaat E-Commerce bagi perusahaan bisa langsung dirasakan saat pebisnis memulainya. Layanan E-Commerce dapat menjadi sebuah batu loncatan bagi pebisnis di dalam perusahaan. Keberadaannya bagai angin segar yang mengikuti arah teknologi dunia yang semakin pesat perkembangannya.

E-Commerce dapat dijadikan sebagai kunci penolong yang akan sangat membantu kalangan perusahaan lokal maupun multinasional. Apa saja fungsi dan manfaat menggunakan E-Commerce untuk perusahaan?

manfaat E-Commerce bagi perusahaan

Inilah Manfaat E-Commerce bagi Perusahaan

Adapun manfaat adanya e-commerce untuk perusahaan adalah:

Luasnya Jaringan Pemasaran

Salah satu upaya untuk mempertahankan produk dalam perusahaan berasal dari pemasaran. Menggunakan E-Commerce tentu akan menjadi alat bantu yang sangat efektif untuk meluaskan jaringan. Baik perusahaan lokal maupun multinasional pasti akan menyambut baik berbagai jenis konsumen yang datang untuk bertransaksi. Semakin banyak peminat, semakin besar pula peluang penjualan yang meningkat.

Manfaat E-Commerce bagi perusahaan yang bisa mengoptimalkan sosial media dan jejaring individu tentu akan memberikan jaminan yang menguntungkan. Menerapkan pemasaran secara online bukanlah hal yang sulit dilakukan. Dengan memanfaatkan iklan secara digital, kemudahan akses jangkauan ke semua kalangan.

Menghemat Pengeluaran Perusahaan

Lebih khusus, bekerja sama dengan E-Commerce akan membantu dalam pengurangan biaya operasional perusahaan. Sistem dalam E-Commerce tidak mengharuskan seseorang terjun langsung ke lapangan. Hal ini dikarenakan semuanya bisa diakses dengan mudah secara virtual. Dengan demikian anggaran dana untuk operasional bisa dialihkan untuk hal lainnya yang lebih penting.

Hanya dengan modal jaringan internet yang stabil dan memiliki akses cepat, layanan dan manfaat E-Commerce bagi perusahaan dapat dijalankan dengan maksimal. Para pebisnis dalam perusahaan hanya tinggal memikirkan konten penunjang untuk meningkatkan proses penjualan dengan lebih baik. Dengan demikian, anggaran untuk biaya operasional offline yang disediakan bisa digunakan untuk operasional online secara lebih maksimal.

Memberikan Peluang Jam Operasional 24 Jam Penuh

Perusahaan yang melibatkan diri untuk menggunakan layanan E-Commerce memiliki kesempatan mengembangkan bisnisnya dengan jam operasional yang lebih panjang. Meski jam kerja karyawan ditentukan, pemesanan semua produk yang dikelola bisa diakses selama 24 jam, 7 hari seminggu, 365 hari dalam setahun.

Perusahaan bisa meningkatkan layanan dengan memberikan bimbingan pada customer service yang terlibat. Dengan membuka jam operasional setiap saat, maka kepercayaan pelanggan pada layanan perusahaan juga akan semakin meningkat. Di samping itu, perusahaan juga bisa mengevaluasi hal-hal teknis yang perlu diperbaiki lebih baik.

Manfaat E-Commerce bagi Perusahaan untuk Melakukan Kustomisasi

Pelanggan merupakan salah satu aspek dalam transaksi yang sangat penting keberadaannya. Berbagai ulasan dan saran kritik dari mereka akan membantu perusahaan lebih berkembang. Kustomisasi  terhadap barang dan jasa yang ditawarkan, juga akan memungkinkan untuk dilakukan. Apalagi jika perusahaan yang dikelola termasuk dalam bidang pengembangan kreatif, maka pattern kustomisasi yang memiliki fokus utama pada kepuasan pelanggan, akan lebih mudah diwujudkan.

Evaluasi pada Model Model Bisnis yang Dikembangkan

Membuka layanan E-Commerce selama 24 jam memungkinkan perusahaan mendapatkan feedback yang lebih banyak. Pelanggan yang mampir dan membeli barang atau jasa Anda akan menilai semua proses yang terjadi selama transaksi. Jika perusahaan menangkap sebuah problem dan bisa menyelesaikannya dengan bijak, tentu penilaian pelanggan akan memberikan efek positif.

Manfaat E-Commerce bagi perusahaan yang lainnya, yakni bisa melakukan evaluasi serta peningkatan layanan after sales kepada pelanggan, agar mereka merasa diperhatikan. Dengan tetap menjaga kontak dengan pelanggan, perusahaan telah menjaga citra ramah dan peduli. Hal ini tentu saja memberikan efek baik untuk penjualan produk lain, jika suatu saat perusahaan meluncurkan produk terbaru.

Meningkatkan Efisiensi Pengadaan Barang dan Jasa

Perusahaan yang telah memiliki standarisasi produk dan jasa yang dikelola, tentu akan lebih mudah alam mengecek efisiensi pengadaan produk layanannya. Baik perusahaan lokal maupun multinasional yang bergerak pada bidang jasa atau produk, bisa meningkatkan efisiensi pengadaan barang tergantung pasar yang tersedia.

Misalkan untuk produk fashion baju, celana, dan topi. Para agen dan reseller di seluruh Indonesia berlomba untuk menghabiskan stok yang ada. Ternyata baju dan celana banyak diminati di kawasan Surabaya dan sekitarnya, sedangkan produk topi lebih banyak terjual di kawasan Jabodetabek. 

Dari data yang ada, perusahaan bisa memfokuskan produksi baju dan celana untuk didistribusikan di sekitar Jawa Timur, serta produk topi lebih banyak dipasarkan di area Jakarta. Hal ini akan memudahkan semua pihak.

Melakukan efisiensi pengadaan juga akan membuat biaya produksi lebih tertata, karena perusahaan mengetahui tujuan akhir pendistribusian barang secara lebih efektif. Biaya komunikasi dan koordinasi juga akan lebih rendah karena semua rincian estimasi pembiayaan sudah dicanangkan sesuai dengan pengeluaran harian perusahaan. 

Bisa Melihat Persaingan Harga di Pasaran

Manfaat E-Commerce bagi perusahaan juga menjadi langkah lain untuk bisa mengetahui strategi pemasaran kompetitor dengan materi barang atau jasa sejenis. Perusahaan dapat mempelajari kelebihan dan kelemahan lawan bisnisnya agar bisa dijadikan patokan serta peluang baru yang akan menguntungkan. 

Misalkan pada layanan jasa sebuah pembuatan website. Kompetitor menawarkan variasi web dengan fitur, dengan harga yang cukup menguras kantong. Di sini, peran analisis dari perusahaan yang bermain. Bagaimana menciptakan keuntungan untuk kedua belah pihak, perusahaan dan konsumen?

Tugas perusahaan selanjutnya adalah memastikan pelanggan bisa mendapatkan materi serupa dengan kompetitor, tetapi mendapatkan harga yang sewajarnya. Problem solving harus bisa dicari sebagai solusi dari tim untuk bisa menghadirkan produk yang kompetitif. Hal inilah yang akan dijual sebagai value bagi pelanggan yang datang ke perusahaan, sehingga bisa menguntungkan kedua belah pihak.

Mendapatkan Informasi yang Up to Date

Dengan menggunakan E-Commerce, segala informasi kekinian bisa diakses dengan sangat mudah. Tak jarang, kabar up to date juga menjadi bahasan utama yang akan merajai setiap topik wacana. Oleh karenanya, salah satu fungsi dan manfaat E-Commerce bagi perusahaan yakni menjadi pelopor berbagai kabar terbaru yang bermanfaat untuk perkembangan perusahaan.

Misalkan info terbaru mengenai dunia K-Pop yang booming saat ini. Perusahaan yang bergerak di bidang tekstil atau fashion bisa menangkap peluang ini untuk sentuhan inovasi yang akan penarik pelanggan. Apalagi bila dilihat peminat para fans K-Pop yang cukup banyak, tentu akan menjadi pertimbangan tersendiri untuk menentukan tren baru.

Tak Perlu Pendanaan Pajak atau Pembiayaan Usaha Fisik

Jika perusahaan tergolong dalam usaha kecil menengah, maka tak perlu memusingkan biaya untuk pajak dan sejenisnya. E-Commerce hanya berpegangan pada kuota dan internet saja. Semua transaksi dilakukan secara maya. Oleh karena itu, perusahaan yang berkecimpung dalam skala lokal akan sangat terbantu jika hanya memanfaatkan dunia digital saja dalam pergerakan bisnisnya.

Dengan melihat fungsi dan manfaat E-Commerce bagi perusahaan, diharapkan akan lebih banyak orang yang semakin sadar akan kebaikannya. E-Commerce tak hanya akan membantu para pelaku bisnis perusahaan, tetapi juga akan membantu semua orang yang melibatkan internet dalam kehidupannya. Hal ini menjadi bukti bahwa internet dan E-Commerce berperan cukup penting di era milenial.

Posting Komentar untuk " 9 Fungsi dan Manfaat E-Commerce bagi Perusahaan Lokal dan Multinasional"

Berlangganan via Email