Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian, Tujuan, dan Manfaat E-Commerce Menurut Para Ahli

aldanpost - Pengertian, tujuan, dan manfaat E-Commerce menurut para ahli tak jauh berbeda dengan fungsi umumnya di dalam aplikasi. Saat ini, keberadaan E-Commerce memegang peranan cukup penting dalam kehidupan masyarakat. Tak hanya dimanfaatkan sebagai salah satu wahana bersosialisasi satu sama lain, E-Commerce merupakan salah satu tempat untuk mendulang cuan yang sangat potensial.

Terdapat ragam perbedaan yang membuat E-Commerce menjadi sebuah perbincangan. Hal ini terkait dengan pengertian, tujuan dan manfaatnya dalam kehidupan. Bagaimana para ahli berpendapat?

manfaat E-Commerce menurut para ahli

Inilah Manfaat E-Commerce Menurut Para Ahli

Adapun manfaat e-commerce menurut ahli adalah:

Pengertian E-commerce Menurut Ahli

Hingga saat ini, belum ada kesepakatan yang pasti mengenai pengertian E-Commerce. Pendapat umum yang dilontarkan hanya berkaitan dengan pemanfaatan internet sebagai salah satu cara untuk bertransaksi jual beli. Berikut ini beberapa pendapat tentang E-Commerce yang mengemuka.

Pendapat Mariza Arfina dan Robert Marpaung 

E-Commerce  merupakan sebuah wadah untuk berdagang atau berbelanja secara digital atau direct selling kepada seseorang dengan memanfaatkan internet yang menggunakan layanan  website agar segera mendapatkan layanan ‘get and deliver’.

Pendapat Munir Fuady

E-Commerce merupakan kependekan dari electronic commerce yang menjadi salah satu hasil perkembangan teknologi dari internet. Pengertiannya adalah sebuah proses transaksi bisnis yang menggunakan teknologi elektronik yang melibatkan perusahaan, konsumen, dan masyarakat. Secara umum, E-Commerce merupakan bisnis yang mengedepankan paperless trading dan lebih simpel untuk diterapkan.

Pendapat dari Sukarni

Sebuah bisnis yang bertransaksi dalam E-Commerce harus memiliki unsur dan komponen berikut ini:

  • Ada kontrak dagang
  • Yaitu kesepakatan bersama dalam sebuah transaksi perdagangan secara online. Fungsi dan manfaat E-Commerce menurut para ahli akan bisa dirasakan bila kesepakatan ini terbentuk dengan mengedepankan win-win solution.
  • Kontrak tersebut dijalankan pada media elektronik (digital)
  • Karena berbasis internet, maka kontrak dagang yang dijalankan memiliki wadah dalam dunia maya. Kesepakatan ini harus dilakukan secara transparan agar menghindari tindak penipuan.
  • Kehadiran fisik dari penyedia barang atau jasa dan konsumen tidak diperlukan
  • Salah satu kelebihan teknologi digital adalah tidak memerlukan kehadiran fisik antara penjual dan pembeli. Hanya dengan one click service, semua layanan bisa dijalankan.

Pendapat Laudon

E-Commerce merupakan layanan internet yang bisa membuka peluang untuk proses menjual dan membeli suatu barang atau jasa dengan perantara komputer dan internet sebagai jembatan perantara untuk transaksi bisnis yang dibutuhkan.

E-Commerce Menurut Ono W. Purbo

Layanan E-Commerce merupakan satu set dinamis antara teknologi, proses bisnis, aplikasi kekinian dan sistem. Layanan ini akan menghubungkan perusahaan, konsumen, atau komunitas tertentu dalam sebuah transaksi elektronik. Baik berupa perdagangan barang, jasa, atau informasi, yang memiliki value bagi penerimanya.

Tujuan E-Commerce untuk Masyarakat

Fokus utama dalam sebuah layanan E-Commerce adalah mengaktifkan jaringan digital sebagai jalan pembuka perdagangan. Di dalamnya, Anda bisa terlibat proses penjualan, pembelian, serta distribusi barang atau jasa dengan sistem elektronik seperti televisi, internet, atau jaringan komputer sejenis.

Tujuan dan manfaat E-Commerce menurut para ahli juga akan membuat teknologi masa kini yang makin berkembang. Hal ini akan menjadi masyarakat semakin diuntungkan dengan kepraktisannya. Terciptanya banyak produk dan layanan jasa yang baru akan memudahkan semua pihak.

Adanya E-Commerce di Indonesia juga memungkinkan industri kreatif yang semakin berkembang. Kini bermunculan berbagai aplikasi yang bisa memperlancar proses transaksi di dunia maya. Kemudahan ini tidak akan dijangkau bila tak ada pelopornya. Oleh karena itu, keberadaan E-Commerce merupakan sebuah inovasi yang ciamik untuk perubahan hidup masyarakat yang lebih baik. 

Manfaat E-Commerce untuk Masyarakat Luas

Kebaikan E-Commerce bagi masyarakat tak dapat dipungkiri. Manfaat dan keuntungannya berdasarkan pendapat para ahli terangkum dalam penjabaran di bawah ini:

E-Commerce Membawa Revenue Stream yang Menjanjikan

Semakin baik teknologi, maka perubahan baik juga akan terjadi. Revenue stream atau aliran pendapatan baru bisa terjadi dengan bantuan E-Commerce. Layanan kartu kredit dan dompet digital menjadi bukti nyatanya. Dalam prosesnya, banyak bank konvensional yang juga mengembangkan metode pengambilan card-less yang lebih ringkas.

Manfaat E-Commerce Menurut Para Ahli Dapat meningkatkan Market Exposure

Market exposure atau pangsa pasar akan semakin luas jangkauannya. Hal ini dikarenakan internet sudah merambah ke seluruh penjuru negeri, sehingga pemasarannya bisa semakin luas. Tak mengherankan bila produk-produk lokal akan menemukan jodoh pembelinya hingga luar pulau bahkan luar negeri.

Dapat Menurunkan Biaya Operasional

Anggaran biaya untuk kebutuhan transaksi dunia maya saja, tentu tak sebanyak pengeluaran dana untuk kegiatan operasional di lapangan. Dengan memanfaatkan E-Commerce, anggaran dana bisa ditekan kemudian dialihkan pada emergency cost lainnya.

Menilik manfaat E-Commerce menurut para ahli, agaknya pendapat ini menjadi hal yang bisa dipertimbangkan perusahaan untuk semakin bijak dalam pengelolaan keuangannya. Hal ini tentu menjadi poin plus yang baik untuk tetap menggunakan wadah E-Commerce dalam bertransaksi jual beli.

Dapat Membesarkan Sayap Perusahaan (Global Reach)

Market exposure yang meningkat akan berbanding lurus dengan Global Reach perusahaan yang semakin besar. Jika semakin banyak permintaan pasar terhadap suatu produk atau jasa, tentu akan semakin luas pula jaringan wilayah yang bisa dirambah. Memanfaatkan hal ini untuk semakin mengembangkan sayap perusahaan atau menambah varian produk baru pasti bukan menjadi sebuah masalah besar.

Dapat Meningkatkan Customer Loyality

Perusahaan yang loyal kepada pelanggannya, pasti juga akan mendapatkan feedback serupa. Pelanggan yang sudah merasa klik pada layanan produk atau jasa tertentu, biasanya akan cenderung melakukan pembelian ulang. Oleh karena itu, kualitas pelayanan sangat penting diterapkan. Hal ini demi meningkatkan customer loyalty terhadap produk atau jasa yang ditawarkan.

Dapat Memaksimalkan Supplier Management

Memaksimalkan Supplier Management menjadi manfaat E-Commerce menurut para ahli yang juga bisa dijadikan patokan. Saat permintaan pasar semakin besar, tentu juga akan memperbesar produksi. Hal inilah yang dijadikan perhatian untuk lebih menargetkan supplier management dalam pengelolaan produk.

Ketika semua hal yang berkaitan dengan teknis bisa ditangani dengan baik, maka distribusi barang atau jasa yang disediakan tidak akan memiliki kendala. Fokus perusahaan selanjutnya yakni memberikan layanan after sales yang memuaskan pelanggan dan membuatnya tetap bertahan sebagai pembeli tetap.

Dapat Mempersingkat Waktu Produksi

Waktu produksi barang dan jasa dari sebuah perusahaan dapat diprediksi. Perhitungan estimasi melalui bantuan E-Commerce akan menjadi tolok ukur utama dalam mempersingkat waktu produksinya. Dengan demikian, perusahaan bisa melakukan efisiensi waktu untuk urusan lain yang lebih penting.

Dapat Mempelajari Gaya Kompetitor Sejenis

E-Commerce yang berbasis data digital akan mampu mendeteksi kelemahan kompetitor. Hal ini dapat menjadi peluang baik untuk sebuah perusahaan dalam mempelajari gaya lawannya di kancah pemasaran. Dengan demikian, kelemahan lawan bisa menjadi solusi untuk kekuatan perusahaan dalam merajai market.

Pengertian, tujuan, dan manfaat E-Commerce menurut para ahli di atas adalah gambaran dari kejeniusan manusia dalam menyikapi teknologi. Perkembangannya dapat dimanfaatkan dengan maksimal dan menjadi sebuah kesempatan baru dalam mengatasi pengangguran di Indonesia. Hal ini layak diapresiasi dengan turut melibatkan diri di dalamnya.

Posting Komentar untuk " Pengertian, Tujuan, dan Manfaat E-Commerce Menurut Para Ahli"

Berlangganan via Email