Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Menakjubkan, Manfaat Zakat Fitrah dan Hikmahnya

Daftar Isi [Tampil]

aldanpost - Zakat fitrah merupakan salah satu hal yang wajib ditunaikan oleh setiap umat Islam, tapi tahukah Anda apa manfaat zakat fitrah? Hakikatnya, setiap ibadah tentu tidak hanya sekadar diperintahkan begitu saja tanpa ada hikmah yang terkandung dibaliknya. Oleh karena itu, disyariatkannya zakat fitrah tentu juga memiliki manfaat.

Dalam Islam, zakat merupakan rukun yang ketiga. Oleh karena itu, setiap muslim yang memang memiliki kemampuan, maka tidak ada alasan untuk tidak menunaikan zakat. Secara umum, zakat sebenarnya ada 2, yaitu zakat mal dan zakat fitrah. Untuk mengetahui lebih dalam mengenai zakat fitrah, maka simak pembahasan lengkapnya berikut ini.

manfaat zakat fitrah

Definisi Zakat Fitrah

Sebelum membahas seputar manfaat zakat fitrah, terlebih dahulu Anda perlu memahami definisinya. Nah, zakat fitrah adalah zakat yang wajib dikeluarkan oleh setiap muslim setahun sekali berupa makanan pokok. Perlu diketahui bahwa makanan pokok yang dimaksud itu harus sesuai dengan kadar yang telah ditentukan oleh syariat Islam. Dalam hal ini, satu sa’ atau sekitar 2,5 kg perorang.

Dikarenakan hukumnya wajib, maka setiap muslim wajib menunaikannya, mulai dari orang tua, anak muda, hingga bayi. Dalam hal ini, bayi yang dilahirkan sebelum bulan Ramadhan berakhir, maka orang tua wajib pula mengeluarkan zakat untuk bayinya tersebut. 

Tujuan zakat fitrah untuk membantu memenuhi kebutuhan orang miskin agar pada hari raya idul fitri mereka juga dapat ikut berbahagia. Oleh karena itu, diupayakan bahwa zakat yang dikeluarkan berupa bahan yang menjadi makanan pokok penduduk di suatu negeri. Dalam hal ini, bagi masyarakat Indonesia umumnya makanan pokoknya adalah beras. 

Waktu Pengeluaran Zakat Fitrah

Agar bisa memperoleh manfaat zakat fitrah, maka penting bagi Anda untuk mengetahui aturan dalam syariat Islam terkait waktu pengeluarannya. Dalam ilmu fikih dijelaskan bahwa waktu zakat fitrah ada beberapa, yaitu:

  • Waktu yang dibolehkan, yaitu mulai dari awal Ramadhan sampai hari penghabisan bulan Ramadhan.
  • Waktu wajib, yaitu mulai terbenam matahari pada hari penghabisan bulan Ramadhan.
  • Waktu yang lebih baik (sunnah), yaitu sesudah shalat subuh sebelum berangkat shalat hari raya idul fitri.
  • Waktu makruh, yaitu sesudah shalat, tapi  sebelum terbenam matahari pada hari raya.
  • Waktu haram, yaitu apabila zakat sengaja dibayar sesudah terbenam matahari pada hari raya idul fitri.

Dalam sebuah hadis riwayat Abu Daud dan Ibnu Majah dijelaskan bahwa zakat yang dikeluarkan setelah shalat, maka tidak sah. Dalam hal ini, zakat tersebut hanya dianggap sebagai sedekah biasa. 

Hikmah dan Manfaat Zakat Fitrah

Adapun hikmah dan manfaat zakat fitrah adalah:

Membersihkan Jiwa 

Pada hakikatnya, zakat adalah pembersih. Oleh karena itu, bisa dikatakan bahwa manfaat zakat fitrah yang pertama adalah untuk menyucikan jiwa. Hal itu karena setiap manusia tentu tidak pernah luput dari dosa dan kesalahan. Maka, untuk menghapus segala kebatilan dan kekotoran tersebut, Islam mensyariatkan umat muslim untuk memperbanyak ibadah, salah satunya  mengeluarkan zakat.

Membersihkan Harta

Sejatinya, harta yang dimiliki bukan semata milik pribadi melainkan ada pula hak orang lain di sana. Oleh karena itu, dengan mengeluarkan zakat, maka hal itu menandakan bahwa Anda sudah menunaikan salah satu kewajiban yang diperintahkan Allah. Pada akhirnya, harta yang Anda miliki sudah bersih karena hak orang lain sudah Anda tunaikan.

Menghindari Terjadinya Kecemburuan Sosial

Adanya zakat fitrah membuat orang fakir dan miskin akan merasa terhibur. Hal itu pulalah yang akan membuat mereka dapat berbahagia menyambut hari raya. Oleh karena itu, fenomena kecemburuan sosial juga bisa terhindarkan. Dalam hal ini, tidak akan ada yang merasa iri lagi karena kebutuhan mereka pada hari raya telah dipenuhi.

Mencegah Terjadinya Bencana atau Musibah

Dalam hadis riwayat Ibnu Majah diterangkan bahwa orang yang tidak mengeluarkan zakat akan dicegah dari mendapatkan hujan. Dalam hal ini, bisa dikatakan bahwa zakat fitrah akan membawa keberkahan dan menjauhkan pelakunya dari segala bahaya.

Menghapus Dosa

Puasa tidak menjadi jaminan bahwa seseorang akan benar-benar terbebas dari perbuatan dosa. Diakui atau tidak pasti sedikit banyaknya tetap ada dosa yang dilakukan meski dalam bulan Ramadhan. Oleh karena itu, dengan menunaikan zakat, maka Anda setidaknya sudah melakukan usaha untuk menghapus segala dosa dan kesalahan yang diperbuat tersebut.

Meningkatkan Sifat Ta’awun

Singkatnya, ta’awun berarti tolong menolong. Menariknya, salah satu manfaat zakat fitrah adalah bisa menumbuhkan bahkan meningkatkan sifat tolong menolong. Pensyariatan zakat mengajarkan bahwa Anda tidak hanya harus memerhatikan kebutuhan pribadi melainkan juga memikirkan keadaan orang lain. 

Lebih Menguatkan Rasa Syukur

Hakikatnya, Allah sudah sangat memudahkan rezeki hadir pada kehidupan Anda. Oleh karena itu, sebagai wujud rasa syukur, maka Anda juga perlu mengantarkan rezeki pada kehidupan orang lain. Salah satunya dengan memberikan zakat kepadanya.

Hati akan Tenang

Manfaat zakat fitrah berikutnya adalah membuat hati menjadi lebih tenang. Hal itu terjadi karena menunaikan zakat adalah salah satu kewajiban. Oleh karena itu, manakala Anda telah selesai membayar zakat, maka otomatis perasaan tenang dan legah akan tumbuh dalam hati. 

Hidup Lebih Berkah

Manfaat zakat fitrah bagi diri adalah membuat harta yang dimiliki menjadi bersih. Hal itu membuat kehidupan akan jauh lebih nyaman karena semua hak orang lain telah ditunaikan. Selain itu, juga dapat membuat kehidupan Anda jauh lebih berkah karena Anda sudah bisa membantu memenuhi kebutuhan orang lain yang kekurangan.

Mendapat Kamar Khusus di Surga

Rasulullah pernah berkata bahwa di surga terdapat kamar yang dalamnya dapat dilihat dari luar dan luarnya dapat dilihat dari dalam. Menariknya, berdasarkan penjelasan dalam salah satu hadis ternyata kamar tersebut hanya untuk orang-orang tertentu saja. Dalam hal ini, orang yang berkata baik, berpuasa, shalat malam, dan orang yang memberi makan salah satunya melalui zakat.

Mengubur Sifat Tercela

Manfaat zakat fitrah selanjutnya adalah mengubur sifat tercela. Bagi sebagian orang, mengeluarkan zakat mungkin hal yang cukup berat. Bagi Anda yang benar-benar bisa ikhlas mengeluarkan sebagian harta untuk diberikan kepada orang lain. Maka, hal itu menandakan bahwa Anda telah berhasil mengalahkan dan mengubur sifat negatif dalam diri, seperti kikir.

Mempererat Silaturahmi

Menunaikan zakat fitrah merupakan salah satu bukti bahwa Anda memiliki kepedulian terhadap orang fakir dan miskin. Umumnya, hal tersebut akhirnya juga akan memberikan dampak positif yang baik terhadap hubungan antara pemberi dan penerima zakat. Dalam hal ini, akan tercipta jalinan silaturahmi yang lebih erat dan kuat.

Meringankan Beban Orang-orang yang Sedang Kekurangan

Tidak bisa dimungkiri bahwa setiap orang memiliki kemampuan materi yang berbeda-beda, tapi semuanya pasti ingin menyambut hari raya dengan berbahagia. Maka, dengan adanya zakat fitrah tentu akan sedikit meringankan beban orang fakir dan miskin. Dalam hal ini, mereka juga bisa menikmati makanan sebagaimana orang lain pada umumnya.

Setelah mengetahui manfaat zakat fitrah semoga Anda bisa lebih semangat menjalankan kewajiban yang satu ini, ya.

Posting Komentar untuk " Menakjubkan, Manfaat Zakat Fitrah dan Hikmahnya"

Berlangganan via Email