Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pantai Greweng Gunung Kidul Yang Asik Buat Camping Di Hari Libur

Daftar Isi [Tampil]

Aldanpost.com - Pantai Greweng adalah salah satu pantai unik dengan banyak hal menarik yang ada di Gunung Kidul Yogyatakarta yang bisa kamu kunjungi saat libur tiba. Yang mana pergi ke pantai masih menjadi sebuah destinasi wisata dengan peminat terbanyak di Indonesia. 50 % wisatawan adalah menuju ke pantai di hari weekend maupun hari liburan panjang. Bagaimana dengan kamu? Apakah kamu sudah menemukan calon pantai yang tepat buat dikunjungi? Tidak ada salahnya buat mencoba pantai yang satu ini. Karena Pantai Greweng menyimpan beberapa hal menarik di dalamnya. Terutama dari segi pemandangan pantai yang sangat alami jika di pandang mata. Pemandangan alami seperti ini akan menjadikan liburanmu semakin bahagia dan menyegarkan fikiran.

Bicara masalah wisata pantai sebenarnya ada beberapa jenis kategori pantai. Ada pantai terkenal yang ramai pengunjung dan ada pula pantai alami yang masih sepi pengunjung. Kemudian ada pula pantai yang menonjolkan keindahan batu karangnya, namun sebagian lagi menonjolkan bebrapa wahana bermain pasir dan masih banyak lagi jenis pantai yang lainnya. Dalam hal Pantai Greweng masuk pada kategori pantai yang masih sepi sebenarnya. Karena memang popularitasnya belum dikenal secara nasional. Meskipun beberapa pengunjung ada yang dari luar jawa, namun kebanyakan tetap masih dari pula jawa terutama paling banyak adalah pengunjung dari jawa tengah.

Pantai Greweng Gunung Kidul

pantai-greweng

Pantai Greweng sendiri bisa dibilang sebagai pantai yang bisa menenangkan hati. Pastinya ini bakalan cocok buat kamu yang ingin ke pantai untuk refresing dan relaksasi diri. Kalau datang ke pantai sepi begini sih udah kaya rumah sendiri pokoknya. Kamu bisa bersantai sepuasnya sambil menikmati keindahan yang ada.

Harga Tiket Masuk Pantai Greweng

Untuk harga tiket masuk ke Pantai Greweng ini masih sama dengan beberapa pantai lain di Gunung Kidul yakni sebesar Rp.10.000 untuk setiap orangnya. Seperti biasa kalau untuk Pantai Di Gunung Kidul memang rata-rata untuk sekarang ini sekitar Rp.10.000,-.

Kemudian untuk biaya lain adalah membayar parkir. Untuk parkir roda dua atau kendaraan bermotor adalah sebesar Rp. 5000,-. Kemudian untuk mobil pribadi atau roda 4 adalah sebesar Rp.10.000,-. Kemudian jika kendaraan menginap maka akan dikenakan biaya parkir tambahan.

Rute Menuju Lokasi Pantai Greweng

rute-lokasi-pantai-greweng

Foto by instagram / @mldyasa

Pantai Greweng berada di Jalan pendowo, Jepitu,  Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pastinya pantai ini juga berdekatan dengan beberapa pantai lain di kecamatan Girisubo Gunung Kidul.

Rute menuju lokasi bisa Anda tempuh dari Kota Yogyakarta. Yakni melalui jalan yang mengarah ke alun-alun kidul terlebih dahulu. Dari Alun-alun Anda bisa ambil arah Jalan Gading, kemudian ambil arah jalan veteran, lalu Jalan Pantai Selatan Jawa. Nah Papan petunjuk Pantai Greweng nanti ada di tepi Jalan Pantai Selatan Jawa ini.

Selanjutnya untuk lokasi Pantai Greweng di Google Maps bisa Anda lihat dibawah ini :

Daftar Hal Menarik Dari Pantai Greweng

Jika sobat mengunjungi wisata pantai atau tempat lainnya, pasti berharap ada sesuatu yang spesial di dalamnya. Lalu bagaimana dengan Pantai Greweng? Di pantai ini tentu saja ada banyak hal menarik dan spesial yang mampu menarik banyak pengunjung datang. Beberapa hal menarik dari Pantai Greweng antara lain :

1. Adanya sumber air mengalir ke Pantai Greweng

mata-air-pantai-greweng

Foto by instagram / rizal_fauzih

Di pantai yang satu ini ada sebuah aliran sungai kecil dari daratan menuju lautan pantai. Hal ini menjadi sebuah pemandangan tersendiri yang berbeda dari beberapa pantai yang lainnya.

Tentu saja ini menjadi sebuah ikonik tersendiri bagi Pantai Greweng. Namun sayangnya untuk sungai kecil tersebut akan surut di musim kemarau panjang. Jadi hanya akan terlihat jika musim hujan atau setelah musim hujan saja.

2. Pemandangan pantai yang masih sangat alami 

Di awal tadi sudah sedikit saya singgung bahwa pantai yang satu ini memang memiliki sebuah pemandangan yang cukup alami. Jika Anda datang akan disuguhkan dengan pemandangan lautan biru yang indah dengan perbukitan di sekitarnya.

Tidak heran juga banyak pecinta alam yang datang ke pantai ini untuk menikmati pemandangan alam yang masih alami tersebut. Dan suasana seperti ini pasti yang akan membuat liburan kamu semakin berarti saja. 

3. Banyak spot memancing di dalamnya

Tentu saja dengana adanya banyak pemandangan indah menjadikan pantai ini memiliki banyak spot foto yang menarik dan keren abis. 

Hal ini akan membuat para pengunjung mendapatkan banyak koleksi foto bagus setelah berkunjung ke pantai greweng.

Sebuah ide bagus untuk para fotografer, selebgram dan juga vlogger untuk mengeksplore keindahan ini. Jadi Anda ketika bekunjung pastinya tidak akan dikecewakan dengan spot foto yang ada di dalamnya.

4. Tersedia area camping yang cukup luas

camping-di-pantai-greweng

Foto by eksotisjogja.com

Salah satu kelebihan dari pantai ini adalah memiliki camping area yang cukup luas. Tidak heran jika liburan atau week end sering ada banyak tenda di didirikan di area pantai ini.

Anda juga bisa menghabiskan waktu liburan Anda dengan melakukan camping di pantai ini. Yakni dengan mendirikan tenda bersama dengan pasangan, keluarga atau teman-teman Anda.

Pastinya dengan bercamping juga akan memunculkan banyak kegiatan menarik lainnya. Seperti bermain gitar, masak, bakar ikan, api unggun di malam hari dan banyak lagi kegiatan lainnya.

5. Melihat sunset sore hari di Pantai Greweng

Selain itu jika sore hari sudah tiba, di ufuk barat akan terlihat pemandangan yang sangat menawan. Makanya tidak sedikit pula yang menunggu sore tiba untuk menikmati keindahan sunset dari pantai ini.

Menikmati keindahan sunset bersama dengan keluarga atau pasangan pastinya akan lebih menyenangkan lagi. Makanya jika Anda bekunjung, usahakan untuk dilokasi pantai sekitar jam 4 sore hingga jam 6, karena saat itulah sunset sedang indah-indanya.

6. Berburu kuliner dan memanfaatkan fasilitas yang ada

Selain beberapa kegiatan diatas, Anda juga bisa menikmati kuliner di area pantai. Yakni dengan makan makanan yang disediakan warung dalam pantai. Untuk hidangan utamanya pastilah seafood. Aneka lauk seafood seperti udang, lopster, ikan dan juga kepiting di jual di warung makan di dalam area pantai yang satu ini.

Kalau dari segi fasilitas memang pantai yang satu ini belum selengkap beberapa pantai besar lainnya, yang biasa menyediakan aneka peralatan untuk mantai. Namun sudah cukup juga dengan adanya fasilitas umum yang penting seperti kamar mandi umum dan juga toilet umum. Kemudian juga dengan adanya warung makanan dan minuman untuk mencukupi kebutuhan pengunjung.

Sekian dulu sobat, review kali ini mengenai salah satu pantai indah di Gunung Kidul Yakni Pantai Greweng. Informasi tentang harga tiket, rute lokasi dan beberapa hal menarik yang ada di dalamnya. Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga bisa bermanfaat dan terima kasih.

Baca juga informasi menarik lainnya tentang : Pantai TimangPantai GesingPantai Ngungap Pantai PakundonPantai SonglibegPantai GrigakPantai SadengPantai KrokohPantai Karang TeluPantai Nguluran, Dan Wisata Pantai Di Gunung Kidul lainnya

Posting Komentar untuk "Pantai Greweng Gunung Kidul Yang Asik Buat Camping Di Hari Libur"

Berlangganan via Email