Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Menghapus Data Kontak Dari Pinjaman Online

Daftar Isi [Tampil]

Cara Menghapus Data Kontak Dari Pinjaman Online. Mungkin diantara sobat ada yang sedang membutuhkan materi ini, karena ini sangat penting bagi Anda yang sudah pernah melakukan pengajuan pinjaman secara online. Kinerja aplikasi pinjaman online sebenarnya mengikat data para peminjamnya, asalkan sebuah aplikasi pinjol tersebut bertanggungjawab maka tidak akan terjadi masalah. Namun beda cerita jika sebuah aplikasi pinjol tersebut tidak bertanggungjawab dan menyalahgunakan data Anda. Disitulah Anda beresiko mendapatkan sebuah masalah.

Makanya penting sekali bagi Anda untuk memilih sebuah pinjaman online yang tepat. Karena disitu privasi keamanan data Anda dipertaruhkan. Kalau tidak terpaksa hindarilah menggunakan sebuah aplikasi pinjol yang ilegal. Biasanya aplikasi pinjol seperti itu tidak ada perizinan dan dasar hukum yang jelas. Akibatnya data yang dimasukkan menjadi lebih beresiko.

Pemerintah juga sudah menjelaskan kepada masyarakat agar memilih pinjaman online yang sudah memngantongi izin dari Otoritas Jasa Keuangan. Karena perusahaan yang sudah memiliki izin yang jelas akan memberikan pelayanan yang baik. Selain data dan privasi Anda aman, juga pelayanan yang jauh lebih teratur.

Cara Menghapus Data Kontak Dari Pinjaman Online

Cara Menghapus Data Pinjol

Baiklah, langsung saja kita akan masuk pada materi cara menghapus data kontak dari aplikasi pinjaman online, ada beberapa cara, antara lain adalah :

1. Menghapus Izin Akses Aplikasi Pinjaman Online

Cara yang pertama adalah dengan menghapus izin akses aplikasi. Coba Anda ingat-ingat, pada saat pertama kali melakukan pengajuan pinjaman online. Pihak aplikasi akan meminta beberapa akses ke dalam data handphone Anda. Akses tersebut antara lain adalah membaca lokasi, mic, kamera, galeri, data kontak, pesan dan beberapa akses lainnya.

Aplikasi pinjaman online yang sudah Anda izinkan aksesnya, mereka bisa melihat beberapa data bahkan keseluruhan data dalam handphone Anda. Mulai dari dimana lokasi Anda, isi pesan-pesan sms Anda, dengan siapa saja Anda berhubungan. Sebenarnya hal ini tidak masalah asalkan pihak pinjol tersebut bisa menjaga privasi. Dan digunakan seperlunya misalkan saja untuk melakukan audit kelayakan pinjaman dan sejenisnya. 

Lalu bagaimana untuk menghapus atau memutus akses tersebut agar pihak pinjol tidak bisa membaca lagi. Anda bisa melakukan penghapusan izin akses, langkah-langkahnya antara lain sebagai berikut : 

  • Buka menu pengaturan
  • Pilih pada menu aplikasi
  • pilih aplikasi pinjaman online yang ingin Anda hapus izin aksesnya
  • Buka aplikasi dan pilih opsi perizinan
  • Hapus ceklist akses yang sebelumnya sudah Anda berikan

Sampai disini aplikasi pinjol tersebut sudah tidak bisa lagi mmbaca data kontak dan data akses lainnya dari handphone Anda.

2. Menghapus Kontak Dari Dalam Aplikasi Pinjaman Online

Cara yang kedua Anda bisa melakukan penghapusan keseluruhan data dari dalam aplikasi pinjol itu sendiri. Dalam hal ini tidak berlaku untuk semua jenis aplikasi pinjol. Namun dalam beberapa aplikasi pijaman online tersedia fitur yang satu ini.

Untuk melakukan penghapusan data dari dalam aplikasi pinjol. Silahkan Anda masuk ke menu pengaturan dari aplikasi pinjaman online tersebut lalu pilih opsi "hapus data pengajuan pinjaman". Setelah Anda melakukan pengapusan lakukan pula penghapusan nomer handphone Anda. Dengan begitu Anda sudah melakukan pemutusan total dengan aplikasi pinjaman online tersebut.

Menghapus data dari dalam aplikasi pinjol ini bisa Anda lakukan jika memang sudah selesai melakukan pinjaman. Atau jika angsuran Anda sudah lunas atau tidak dalam masa angsuran. Hal ini tentu saja untuk mencegah penggunaan data Anda untuk keperntingan yang tidak bertanggungjawab.

3. Menghubungi Pihak Perusahaan Pinjaman Online

Cara yang ketiga Anda bisa melakukannya dengan menghubungi perusahaan atau aplikasi pinjol tempat Anda meminjam. Misalkan saja Anda sudah selesai semua angsuran, Anda menghubungi ke bagian customer service mereka.

Menghubungi secara langsung dan menjelaskan kepada mereka bahwa Anda sudah selesai melakukan pinjaman. Dan Anda menyatakan bahwa sudah tidak akan meminjam lagi dan minta penghapusan data. Hal ini harusnya dituruti oleh perusahaan pinjaman online, karena perjanjian pinjaman otomatis sudah selesai pada saat Anda sudah melunasi pinjaman tersebut. 

4. Kenapa Harus Menghapus Data Pinjaman Online ?

Sebagian dari sobat mungkin ada yang bertanya-tanya. Kenapa harus melakukan penghapusan data pinjaman. Hal ini penting, guna mencegah beberapa hal yang tidak diinginkan. Sebuah kasus di online banyak yang menyebutkan. Bahwa mereka sudah selesai meminjam namun masih ada yang menagih. Ini adalah sebuah contoh penyelahgunaan data, maka dari itu penting untuk melakukan penghapusan tersebut.

Lalu ada lagi alasan lain, yakni mencegah data Anda disalahgunakan mengajukan pinjaman ke pihak lain. Ini juga ada sebuah cerita dan bahkan banyak sudah terjadi. Yakni melakukan pinjaman pada aplikasi pinjol A, namun tiba-tiba ada tagihan dan DC yang menelpone. Ini juga salah satu dampak buruk penyalahgunaan data pinjaman yang sebelumnya sudah Anda berikan. 

Alasan lain kenapa Anda harus menghapus data pinjaman adalah menghindari teror. Pernah mendengar data di sebar ke semua kontak handphone? Dengan alasan orang tersebut tidak membayar angsuran. Ini juga dampak dari penyalahgunaan data. Dan bisa menjadi alasan kuat kenapa Anda harus melakukan penghapusan data pinjaman tersebut.

5. Cara Agar Aplikasi Pinjaman Oline Tidak Menyalahgunakan Kontak

Sebenarnya ketika kita sudah memberikan akses kepada aplikasi pinjol. Saat itu secara tidak langsung kita memperbolehkan mereka untuk mengakses data dalam handphone kita. Asalkan pinjolnya bertanggungjawab sih tidak apa-apa. Tidak bisa dicegah sepenuhnya, namun diminimalisir dengan beberapa hal, antara lain sebagai berikut :

  • Gunakan handphone khusus untuk melakukan pinjaman online. Bersihkan data-data kontak dan data penting lain dari handphone tersebut. Agar saat aplikasi pinjol mengakses data, tidak menemukan semua data penting milik kita.
  • Gunakan nomer handphone baru saat melakukan pinjaman online. Secara otomatis nomer handphone baru tidak akan banyak berkomunikasi dengan teman atau orang-orang disekitar kita. Jadi nomer handphone baru tidak akan menyimpan data kontak dengan siapapun. Dengan begitu aplikasi pinjol tidak akan menemukan daftar kontak kita untuk di salah gunakan.
  • Hindari menginstall aplikasi pinjol ilegal. Karena biasanya aplikasi pinjol ilegal akan sangat mungkin untuk mencuri data dan di salahgunakan.
  • Yang terakhir adalah hindari melakukan pinjaman online itu sendiri. Kecuali Anda benar-benar butuh lebih baik jangan meminjam, karena memang resiko privasi disebarkan atau disalahgunakan akan selalu ada.

Kesimpulan

Ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan dalam cara menghapus data kontak dari pinjaman online. Mulai dari memutus akses aplikasi, hapus dari dalam aplikasi pinjol dan menghubungi perusahaan pemberi pinjaman. Lalu diatas juga sudah saya jelaskan mengapa dan alasan apa saja yang membuat kita harus menghapus data kontak dan data pinjaman pada sebuah aplikasi pinjol. Sekian sobat materi kali ini, semoga bisa memberikan sebuah manfaat dan terima kasih sudah berkunjung ke aldanpost.com.

Posting Komentar untuk "5 Cara Menghapus Data Kontak Dari Pinjaman Online"

Berlangganan via Email