Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Jenis Bansos Yang Cair Bulan Maret s/d April 2021

Daftar Isi [Tampil]

Bansos Yang Cair Maret s/d April 2021 - Semenjak kemunculan virus covid-19 tahun lalu, ternyata dampaknya memang masih terasa hingga saat ini. Banyak warga masyarakat kita yang merasa terpuruk kondisi ekonominya. Lalu dari kondisi tersebut ternyata pemerintah masih terus gencar memberikan bantuan kepada warga terdampak covid-19 tersebut. Dengan diberikannya banyak jenis bantuan sosial atau bansos ini memang diharapkan bisa turut meringankan beban masyarakat.

Meskipun akhir-akhir ini sudah banyak yang aktif kembali. Dan roda pereknomian berputar kembali, namun tidak semudah itu kami rasa untuk survive dan bangkit nanti setelah pandemi. Apalagi jika warga sudah kehilangan pekerjaan yang selama ini sudah Ia geluti. Makanya peran pemerintah dalam memberikan bantuan seperti ini sangat penting sekali untuk masyarakat kita.

Meningkatkan daya beli masyarakat kembali merupakah hal yang mungkin sedang difikirkan oleh pemerintah saat ini. Makanya tidak heran jika bantuan sosial yang seharusnya berakhir akhir tahun 2020 pun akhirnya di perpanjang pada tahun 2021 ini.

5 Jenis Bansos Yang Cair Bulan Maret s/d April 2021

 Oke sobat, kali ini aldanpost.com bakalan menyebutkan mengenai daftar Bantuan Sosial (Bansos) yang cair di bulan Maret s/d April 2021, antara lain sebagai berikut :

1. Bansos Tunai Rp300.000

Yang pertama akan cair di bulan ini adalah Bansos Tunai Rp.300.000,-. Untuk bantuan sosial jenis yang satu ini pemerintah sendiri sudah menyatakan bahwa akan mengalokasikan dana sebesar 10 triliun rupiah. Hal ini ditargetkan untuk mencakup 10 juta keluarga penerima dari Januari hingga April di tahun 2021 ini.

Di harapkan dengan adanya bantuan Rp300.000,- ini bisa turut membantu meringankan beban ekonomi masyarakat kita. Terutama untuk membantu biaya hidup sehari-hari seperti beli bahan makanan pokok atau untuk biaya hidup sehari-hari

2. Insentif Kartu Prakerja

Kartu prakerja adalah program bantuan pemerintah yang masuk dalam kategori bansos yang cair di bulan maret ini. Dengan adanya bantuan sosial jenis ini, diharapkan turut membantu kemajuan SDM di Indonesia. Ini adalah program peningkatan kualitas SDM dengan memberikan bantuan untuk pelatihan.

 Selain untuk pelatihan tentu saja untuk membantu ekonomi SDM di Indonesia dengan adanya sejumlah insentif yang diberikan. 

Sampai bulan Maret ini ternyata masih terus berlangsung. Ada penerima insentif Kartu Prakerja Gelombang 12 untuk bulan ini.

Ada insentif dari Kartu Prakerja gelombang 12 sebesar Rp3,5 juta. Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 12 telah ditutup, jika ada peserta yang lolos akan mendapatkan insentif atau BLT Rp3,5 juta dengan rincian bantuan pelatihan sebesar Rp1.000.000.

Lalu, dana insentif pasca-pelatihan sebesar Rp2.400.000 yang akan diberikan sebesar Rp600.000 selama 4 bulan. Serta dana insentif pengisian 3 survei evaluasi sebesar Rp150.000 yang dibayarkan sebesar Rp50.000 setiap survei.

3. Program Sembako

Program bantuan sosial ketiga pada bulan maret ini yang cair adalah program Sembako. Program sembako dan BNPT, pemerintah menargetkan penerima bantuan ini hingga 18,8 juta keluarga penerima manfaat (KPM) dengan alokasi anggaran Rp 45,12 triliun.

Bantuan sosial jenis ini akan berlangsung mulai dari bulan Januari hingga bulan Desember pada tahun 2021 ini. Dengan perhitungan nilai sembakonya adalah Rp200.000 setiap bulannga bagi daftar keluarga yang menerima manfaat dari program sembako ini.

Dengan adanya bantuan sosial yang satu ini diharapkan kebutuhan gizi masyarakat kita bisa tetap terpenuhi dengan baik. Apalagi terdampak dari covid-19 yang sempat menghancurkan pondasi perekonomian masyarakat kita.

4. BLT Subsidi Gaji

Program bantuan BLT subsidi gaji adalah salah satu jenis bakalan cair di bulan-bulan ini. Hal ini berlaku untuk penerusan program di tahun 2020 lalu.

BLT subsidi gaji tahun anggaran 2020 akan diberikan kepada para penerima. Khususnya adalah untuk pekerja yang sebelumnya belum terdaftar atau belum mendapatkan BLT subsidi gaji. Untuk besarannya adalah senlai Rp2.400.000,-

Dengan adanya bansos yang satu ini diharapkan bisa turut membantu mendongkrak ekonomi para buruh dan para pekerja yang terdampak bencana wabah covid-19 dari tahun kemarin.

5. Token PLN Gratis

Bantuan sosial yang kelima ini juga merupakan salah satu jenis bansos yang cair di bulan Maret s/d April 2021, yakni Token PLN Gratis. Saya yakin sebagian besar dari Anda juga sudah menikmatinya sepanjang tahun 2020 kemarin. Dan ternyata bantuan sosial jenis ini masih terus berlanjut sampai tahun 2021 ini.

 Di bulan Maret tahun 2021 ini daftar penerima Bansos Token listrik gratis mencapai 32 jt pelanggan warga masyarakat kita. Yakni mencakup litrik dengan daya 450 VA dan 900 VA bersubsidi.

Demikian sobat informasi kali ini mengenai daftar bantuan sosial yang cair di Bulan Maret s/d April 2021 ini. Semoga bisa memberikan manfaat dan terima kasih.

1 komentar untuk "5 Jenis Bansos Yang Cair Bulan Maret s/d April 2021"

Berlangganan via Email